Sunday 21 November 2010

arti persahabatan

nyari seorang sahabat lebi sulit dibanding nyari seribu musuh. punya satu sahabat sejati lebi berharga daripada seribu teman yang lebi mementingkan dirinya sendiri..

apa yang kita lakuin demi teman kadang melelahkan ato menjengkelkan. tapi dengan itu, persahabatan kita punya makna yang lebi indah. kita bakal punya kenangan ato pelajaran tersendiri jika kita ngehabisin waktu bareng sahabat.

kita ngga perlu canggung ato sungkan kalo kita ingin mengatakan sesuatu pada sahabat. karena seorang sahabat yang baik akan dapat memahaminya. dengan itu, keterbukaan antarsahabat akan terjalin, dan kita jadi lebi akrab dengannya.

kadang sebuah persahabatan ngga berjalan mulus - mulus ajah. ada cobaan ditengah sebuah persahabatan. tapi aku yakin, persahabatan yang sejati akan mampu menghadapi cobaan itu, dan menjadikan cobaan itu sebagai sebuah pelajaran untuk menghadapi hari esok yang lebi baek.

persahabatan ngga terjalin secara otomatis, ngga juga terjalin dengan mudah. persahabatan membutuhkan proses yang cukup panjang seperti besi menajamkan besi..

sebuah persahabatan sejati diwarnai dengan jutaan pengalaman baik - buruk, suka - duka, dihibur - disakiti, diperhatikan - dikecewakan, didengar - diabaikan, dibantu - ditolak, namun semua itu tak akan pernah dilakukan dengan tujuan kebencian.

seorang sahabat yang baik tidak akan menyembunyikan kesalahannya untuk menghindari perselisihan, bahkan dia akan mengatakannya agar permasalahan itu cepat selesai. sahabat juga tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, namun dia akan menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

persahabatan lebi indah dari segalanya. kadang ada yang bertengkar dengan sahabatnya karena cinta. padahal belum tentu orang yang diperebutkan itu akan baik dan bersikap pengertian seperti sahabat kita. maka jangan rusak persahabatanmu hanya gara gara cinta. 

kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

ingatkah kapan terakhir kali kamu berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di sampingmu?? Siapa yang mengasihimu saat kamu merasa tidak dicintai?? Siapa yang ingin bersamamu saat kamu tak bisa memberikan apa-apa?? MEREKALAH SAHABATMU..

cintai dan peliharalah selalu persahabatanmu :)

No comments:

Find Me Out...